Monday, October 28, 2013

Pentingnya Menuntut Ilmu Agama



 Picture from @mufid pwt pixabay

بســم الله الرّحمن الرّحيـــم

Assalamua'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Alhamdulillah wasyukur lillah, washalatu wasalamu 'alaa Sayyidina Muhammad shalallahu 'alaihi wa salam wa 'alaa alihi wa shahbihi wasalam, wa ba'du,


          Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai pentingnya menuntut ilmu agama, sebagai seorang muslim, penulis pun masih banyak belajar mengenai hal itu, mudah-mudahan apa yang akan disampaikan berikut dapat bermanfaat khusus bagi pribadi penulis dan umumnya para pembaca sekalian, amien.  Berikut penjelasannya ;

و قال النّبيّ صلّي الله عليه و سلّم "طلب العلم فريضة علي كلّ مسلم )و مسلمة(
Artinya :
Nabi saw bersabda : “ Menuntut ilmu itu wajib hukumnya bagi setiap muslim laki-laki (dan perempuan) [1]
قال النّبيّ صلّي الله عليه و سلّم : " من يرد الله به خيرا يفقه في الدّين".
Artinnya:
Nabi saw bersabda :” Bila Allah menghendaki seseorang akan kebaikan, maka Allah akan memberikan pemahaman ilmu agama” (HR.Bukhari dan Muslim (rahmatulla>h ‘alaihima)).
وقال النّبيّ صلّي الله عليه و سلّم : " ماعبد الله بشئ افضل من فقه في الدّين".
Artinya
Nabi saw bersabda :” Tidak ada suatu praktek ibadah kepada Allah pun yang lebih utama dibandingkan dengan paham akan agama (faqih)” (HR.Tirmidzi rahmatulla>h ‘alaihi).

قَالَ اِبْنُ عَبَاسٍ رَضِيَ الله ُعَنهُمَا: " كَفَاكَ مِنْ علِْمِ الدّيِنِ اَنْ تَعْرِيفَ مَا لاَ يَسْعُكَ جَهْلهُ".
Artinya:
Dan berkata Ibnu Abbas rad}iyalla>hu anhu (r.a) :” Sempurnakanlah dirimu dengan ilmu agama”,  [2] ketahuilah apa yang belum engkau ketahui”  [3]
قاَلَ العُلَمَاءُ رَحِمَهُمُ الله ُ: "مَنْ صَلّىَ جَاهِلاً بِكَفِيَةِ الْوُضُوْءِ وَالصَّلاَةِ لـَمْ تَصِحْ صَلاَتُهُ وَ اِنْ صَادَفَ اَلصِّحَةَ فِيهِمَا".
Artinya:
Dan berkata para ulama rahimahumulla>h :” Barang siapa yang mendirikan shalat tanpa mengetahui bagaimana cara berwudhu maka shalatnya tidak sah sampai  (sesuai) dengan syarat sahnya [4]
Di dalam Al-Qur’an, terdapat ayat yang menjelaskan mengenai pentingnya menuntut ilmu ini, salah satunya ;

Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan” ( QS. Al-Mujadalah  : 11).


Demikian ulasan singkat mengenai pentingnya menuntut ilmu agama, wallahu'alam, wasalamu'alaikum, warahmatullahi wabarakatuh.

Daftar Pustaka :

- Al-Qur'anul Karim
- Al-Hadist
- Jahid, Abi Abbas, Ahmad. 980 H.  Sittina Mas'alah.

Footnote:

[1] Menurut Ahmad Ramli (Imam Ramli) dalam Syarah Sittina Mas’alah (SSM) dari riwayat  Fadhil Ibnu ‘Iyaadh (rahmatulla>h ‘alaihima>) : Setiap amal perbuatan (pekerjaan  yang akan dikerjakan)wajib bagimu ilmunya (belajar). Dalam kitab Hasyiah SM disebutkan bahwa diriwayat hadist menurut riwayat lain tidak disebutkan kata ‘muslimah’nya, namun maksudnya tetap sama bahwa menuntut ilmu itu bkan hanya bagi kaum muslim laki-laki saja tapi kaum perempuan juga.
[2] Menurut Imam Ramli yang dimaksud ilmu agama tersebut seperti contohnya ilmu syariat.
[3] Dalam SSM disebutkan bahwa wajib mengetahui (ilmu/pengetahuan) untuk mendirikan (dalam hal ini menunaikan) kewajiban-kewajiban agama. Seperti mengetahui makna dua kalimat sahadat. Mengetahui hukum dan  tata cara bersuci, shalat, puasa,zakat, haji, dll.
[4] Dalam wudhu dan shalat terdapat ketentuan akan syarat sahnya.







No comments:

Post a Comment